Setelah mengetahui manfaat atau
fungsi banner
untuk bisnis, apakah kalian tertarik untuk segera mencetak banner? Tak
perlu terburu-buru, sebaiknya siapkan konten promosi dengan baik dan
pikirkan ide-ide segar untuk cara desain banner kalian. Berkaitan dengan
desain banner, simak 7 cara desain banner agar banner tampil lebih
menarik.
Pilih Warna yang Tepat
Cara desain banner lebih menarik yang pertama adalah
menciptakan kemampuan untuk menarik perhatian orang di tengah
keramaian. Salah satu cara untuk mencuri perhatian adalah dengan
pemilihan warna yang mencolok. Tetapi jangan sembarangan dalam pemilihan
warna yang mencolok. Ingatlah untuk memilih warna yang menjadi
identitas bisnis kalian.
Jika ternyata warna yang menjadi ciri khas bisnis kalian adalah
warna-warna yang lembut, maka buatlah kombinasi warna. Diskusikan
mengenai kombinasi warna ini dengan desainer grafis agar banner mampu
menunjukan identitas bisnis kalian dan sekaligus terlihat menonjol.
Letakkan Merek, Logo dan Tagline Selalu di Atas
Jika ingin memperkenalkan bisnis kalian, maka selalu tempatkan merek,
logo dan tagline di bagian atas banner. Tujuannya tak lain supaya
identitas bisnis kalian segera terlihat oleh orang yang lalu lalang.
Posisi di bagian atas banner tersebut juga sejajar dengan mata orang
pada umumnya sehingga berpeluang tinggi untuk segera terlihat. Barulah
di bagian bawahnya, kalian bisa memasukkan konten promosi.
-
Gunakan Foto Berkualitas Tinggi
Jika kalian ingin menggunakan foto pada desain banner, maka pastikan
foto tersebut berkualitas tinggi, tidak buram dan jelas. Memang tidak
ada larangan untuk memakai foto-foto bebas lisensi yang bisa diunduh di
berbagai situs penyedia foto. Tetapi jika ingin tampil eksklusif, kalian
bisa menyewa jasa fotografer profesional untuk membuat foto sendiri.
Sementara itu bila kalian ingin memakai gambar ilustrasi, maka jangan
ragu untuk memakai jasa gambar ilustrasi yang profesional dan kreatif.
Dengan cara ini, kalian bisa memasukkan identitas bisnis pada foto dan
gambar ilustrasi yang digunakan untuk banner.
-
Sampaikan Konten Promosi dengan Singkat, Padat dan Informatif
Ada berapa banyak pesan yang ingin kalian sampaikan dalam sebuah
banner? Banner memang memiliki bidang yang terbilang luas untuk
memasukkan banyak konten promosi. Tetapi bukan berarti kalian bisa
menjejalkan semua konten promosi yang ada. Sebab hal ini hanya akan
membuat konsumen bingung dan enggan untuk membaca informasi yang terlalu
banyak.
Ramu informasi tentang promosi bisnis kalian ke dalam kalimat-kalimat
yang singkat, padat dan informatif. Hindari kalimat-kalimat yang
bertele-tele. Pastikan ketika dibaca, konsumen bisa segera memahami
pesan yang ingin kalian sampaikan. Ingat, jika konsumen tertarik dan
ingin mengetahui lebih banyak lagi maka tentunya mereka akan menghubungi
kalian.
-
Gunakan Bahasa Marketing yang Ampuh
Bahasa marketing yang ampuh mampu membuat konsumen seketika menoleh
atau tertarik mendekat ke arah banner yang kalian pasang. Bahasa
marketing ini biasanya sederhana dan memprovokasi konsumen untuk membeli
produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya saja “Diskon Besar-besaran”,
“Obral”, “Garansi”, “Buy 1 Get 1 Free”, “Doorprice”, dan lain
sebagainya. Siapa yang tak akan tergiur membaca kata-kata tersebut?
Jangan lupa, pilihlah bahasa marketing yang tepat dan sesuai dengan
konten promosi kalian.
-
Perhatikan Susunan Informasi
Pada umumnya orang memiliki kebiasaan membaca dari atas ke bawah dan
dari kiri ke kanan. Karena itu, kalian tak boleh melewatkan kebiasaan
tersebut dalam pembuatan banner. Pastkan informasi pada banner disusun
secara runut dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan sehingga pembaca
bisa menyerap pesannya dengan baik.
-
Tambahkan Kontak yang Jelas
Dimanakah konsumen akan menemukan kalian? Bagaimana konsumen
menghubungi kalian? Jangan lupa untuk menambahkan informasi mengenai
alamat dan nomor kontak kalian pada desain banner. Pastikan alamat dan
nomor kontak tersebut jelas terlihat. Lebih baik lagi jika nomor kontak
yang dicantumkan terdiri dari angka-angka cantik yang mudah diingat
sehingga hanya dalam waktu singkat konsumen bisa menyimpan nomor kontak
tersebut dalam ingatan mereka.
Selain alamat dan nomor kontak, lengkapi pula kontak kalian dengan
website, email dan akun-akun media sosial. Tujuannya supaya konsumen
memiliki banyak pilihan untuk menghubungi kalian. Umumnya, kontak
tersebut di tempatkan di bagian bawah banner sehingga kalian harus
membuatnya terlihat jelas dan mudah ditemukan.
Nah, itulah
manfaat banner untuk promosi dan 7 cara
desain banner agar terlihat menarik. Sesudah menyimak informasi ini,
apakah kalian sudah siap untuk membuat banner? Sesungguhnya satu hal
yang paling sulit dalam pembuatan banner adalah menemukan ide kreatif
agar desain banner kalian mampu mencuri perhatian konsumen. Tapi tak
usah kuatir, sebab kalian selalu bisa menemukan orang-orang yang
berbakat dalam hal ini. Bekerjasamalah dengan para desainer grafis yang
telah berpengalaman, karena hanya merekalah yang mampu menghasilkan
banner terbaik untuk bisnis kalian.
No comments:
Post a Comment